Senin, 25 Mei 2009

BlackBerry Hanya untuk Orang Berjiwa Muda

Wabah BlackBerry (BB), gadget plus layanan cerdas buatan Research In Motion, Kanada, tidak hanya telah menarik banyak pengguna di Indonesia. Ribuan pengguna BB juga telah membentuk komunitas tersendiri misalnya ID-BlackBerry yang biasa berkumpul di dunia maya melalui mailing list.

Bahkan tak tanggung-tanggung, anggota milis komunitas ini telah mendekati angka 5000 orang. Sampai saat tercatat sudah 4693 anggota dan terus bertambah dari hari ke hari. Namun, umumnya pengguna BlackBerry masih berusia muda.

"Umumnya usianya 25-35 tahun jadi kalau di atas 35 tahun sebenarnya bukan pecandu BlackBerry," ujar Abul A'La Almujudy (33) sambil bergurau saat berbicara dalam ID-BlackBerry Gathering 2009 di Planet Holywood, Jakarta, Minggu (24/5). Pria yang biasa dikenal Cak Uding atau Cak U itu adalah salah satu pendiri komunitas tersebut sejak tahun 2005.

Puluhan di antara pengguna BB yang datang dalam ajang kopdar akbar komunitas tersebut rata-rata masih terlihat muda. Beberapa di antara saja yang tampak sudah membawa anak-anak itu pun masih berusia balita.

Fitur-fitur BlackBerry relatif dekat dengan dunia generasi muda seperti e-mail, browsing Internet, dan chatting. Yang paling istimewa tentu push mail sehingga terima dan kirim email layaknya SMS.

Secara tak langsung BB pun menyediakan komunikasi khusus antarpengguna dengan menyediakan BlackBerry Messenger (BBM). Aplikasi chatting ini hanya aktif dan dapat digunakan antarpengguna dan tentu saja tak dipungut tambahan biaya selama berlangganan layanan BB.

"Hanya BB yang punya fasilitas BlackBerry Messenger yang tidak dimiliki smartphone lain," kata Agus Hamonangan, salah satu anggota komunitas ID-BLackBerry. Alat komunikasi yang eksklusif ini membuat interaksi antarpengguna menjadi semakin intim dan sangat pribadi.

Diakui Cak Uding, menggunakan BB tak mudah bagi penggun awam. Banyak tips dan trik yang harus diterapkan jika pengguna BB mau menggunakan secara maksimal gadget canggih ini. Berbagi pengalaman merupakan salah satu topik hangat dalam milis ID-BlackBerry.

Seharinya, jumlah posting bisa smapai menembus ratusan bahkan seribu. Bahkan ID-BlackBerry sudah buka cabang milis IDBB-kuliner, IDBB-bisnis, IDBB-chat, serta kounita spengguna di kota-kota tertentu.

Nah, apakah orang tua tak boleh punya BB? Tentu saja bisa, asal berjiwa muda, sehingga tak hanya menggunakan BB hanya untuk SMS dan menelepon.

1 komentar:

  1. Masih kurang.
    untuk yg berjiwa muda dan punya uang.

    BalasHapus